Kamis, 17 Desember 2015

kerajinan khas indonesia


 KERAJINAN KHAS INDONESIA 


Indonesia tetap menyimpan banyak sekali kekayaan yang membuat kita sebagai masyarakat asli Indonesia sudah sepatutnya berbangga hati. Bagaimana tidak ? Banyak banget lho produk asli Indonesia yang ternyata mampu mencuri hati masyarakat di luar negeri sana. Selain makanan dan film, ada satu lagi yang penting dan wajib kita tahu.
Apalagi kalau bukan kerajinan khas indonesia yang memang beragam dan masing – masing memiliki keunikan dengan menonjolkan kebudayaan asli Indonesia.ari sekian banyak jenis kerajinan tangan, ada beberapa kerajinan yang sangat lekat dan identik dengan Indonesia.



Dengan kata lain, ketika mendengar jenis kerajinan ini, nama Indonesia pasti sempat terlintas di kepala kita. Siapa sangka kalau ternyata kerajinan tangan khas Indonesia ini digemari, bahkan sampai menembus pasar dunia.
 kerjainan ini adalah sebagai berikut :
   
1. TOPENG

Topeng adalah penutup muka (dr kayu, kertas, dsb) yg menyerupai muka orang, binatang, dsb.
Jumlah Topeng / Kedok seluruhnya ada 9 (sembilan ) buah, yaitu : Panji, Samba atau Pamindo,
Rumyang, Tumenggung atau Patih, Kelana atau Rahwana, Pentul, Nyo atau Semblep,
Jinggananom dan Aki – aki.

topeng telah ada di Indonesia sejak zaman prasejarah. Secara luas digunakan dalam tari topeng yang menjadi bagian
dari upacara adat atau penceritaan kembali cerita-cerita kuno dari para leluhur
Diyakini bahwa topeng berkaitan erat dengan roh-roh leluhur yang dianggap sebagai interpretasi dewa-dewa.

Beberapa macam-macam  topeng Indonesia antara lain :
Topeng Jogja 


topeng jogja indonesia




 
Topeng Surakarta 



topeng  khas surakarta






Topeng Bali 







Topeng malangan 

TOPENG  KAHS MALANG




Topeng magelang








Topeng cirebon







2. UKIRAN

 Ukiran adalah kegiatan mengolah permukaan suatu objek trimatra dengan membuat perbedaan ketinggian dari permukaan tersebut sehingga didapat imaji tertentu. Mengukir sering dihubungkan pula dengan kegiatan memahat. Namun dua kegiatan ini berbeda, sebab memahat lebih bertujuan untuk menghasilkan benda tiga dimensi, misalnya patung.

Sama dengan batik, ukiran adalah bentuk kerajinan yang sudah ada sejak sangat lama. Hingga saat ini, ukiran-ukiran Indonesia, terutama ukiran kayu, adalah jenis kerajinan yang cukup populer dan dihargai oleh masyarakat lokal dan mancanegara. Karena, selain detailnya yang bagus dan artistik, kayu-kayu di Indonesia, yang menjadi bahan utama ukiran ini punya kualitas yang bagus, sehingga meningkatkan kualitas keseluruhan ukirannya.



UKIRAN KAYU KHAS INDONESIA




Seni ukir merupakan jenis kriya yang pengerjaanya dengan mencukil. Hasil cukilan berupa ornamen atau ragam hias. Bahan yang biasa untuk sni ukir adalah kayu, kulit, dan tempurung kelapa. Beberapa jenis benda pakai yang biasa diukir misalnya meja, kursi, almari, partisi, dan sebagainya. 

Tempat yang merupakan pusat ukiran kayu adalah Jepara, Kota Gede terkenal dengan seni ukir peraknya, Sulawesi (Kendari) juga dengan kerajinan peraknya dan Klaten terkenal dengan ukir tanduk.













1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus